Minggu, 22 Juni 2008

The Rose

Boyband yang dulu digila-gilai pecinta musik internasional ini, kini makin dewasa, dalam bermusik maupun bersikap. Setelah kemarin sempat menggelar konser di Jakarta yang meski tidak terlalu banyak penontonnya, mereka tampak antusias. Sadar, mereka bukan lagi idola, akhirnya merubah jalur mainstream musik. Walau tidak bisa dibilang berbelok seratus persen.



Westlife mengusung tema jadul khas 60-an yang bernuansa ballads plus soul yang kental dengan irama blus country ala Frank Sinatra. Cukup mengagetkan awalnya. Tapi sayang, seperti biasa mereka hanya didominasi oleh dua suara saja, Shane dan Mark Fehilly. Terlebih setelah Bryan Macfadden mengadu karier di Amerika, otomatis kekuatan mereka hanya bertumpu pada olah vokal dan performance ketika di panggung. Itupun belum tergarap maksimal. Entah apa jadinya bila Westlife kehilangan Shane dan Mark? Apakah Niccky dan Kian Egan akan tetap eksis? Vokal mereka tidak diandalkan sama sekali, malah cenderung fals. Dan, Shane tetap sebagai senjata andalan dengan kekuatan teknik suara tremollo-nya yang memukau. Andai saja, mereka mampu bermain musik dan mencipta lagu, pasti bisa dikatakan Westlife tidak akan kehilangan penggemarnya. Bgaimanapun boybands ini lumayan bagus karena mampu bertahan di tengah gempuran penyanyi solo dan band yang bejibun luar biasa. Hanya perlu diingat, mereka belum sempat mencicipi Amerika. Itu yang membuat kans mereka seperti hilang separuh.

O ya, bagaimana The Rose? Seperti biasa, Suara Shane masih tetap syahdu. Membius. Sementara yang lain berfungsi sebagai latar. Mencipta ambience. Suasana kokoh. Hanya saya belum menemukan suara Mark Fehilly. Padahal dia favoritku. Dengan power dan karakteristik vokalnya, gampang dicermati dan ditandai. Di lagu ini ia kurang terlihat. Mungkin hanya membantu sebagai latar saja. Potensi penyanyi ini cukup besar, jika ia mau belajar dan bekerja keras. Bahkan di lagu Flying Without Wings dan lagu remake ulang I'll Be There, ia terdengar mempesona. Cukup berkesan.

Tidak ada komentar: