Sabtu, 21 Juni 2008

Listen

Sungguh suara apapun yang keluar dari tenggorokan Beyonce rasanya enak saja didengar. Dibalut suara nasal merdu dan lengkingan khasnya, menempatkan salah satu personil Destiny's Child ini sebagai penyanyi papan atas internasional. Banyak bukti berbicara. Bukan hanya ketika album solonya yang merajai penjualan album terbanyak, serta lagu-lagunya yang masuk dalam urutan teratas Billboard Chart Music, namun juga anugerah Grammy Award yang berada di genggamannya tiga tahun lampau.



Hm, mengingat wanita ini belum lengkap jika tidak menyinggung profesionalitasnya di bidang musik, akting, bahkan usaha. Untuk akting, dia sudah membintangi beberapa film yang toh hasilnya tidak buruk-buruk amat. Bahkan yang terakhir, Dreamgirls masuk sebagai film nominasi terbanyak Oscar 2007 dengan delapan nominasi. Untuk usaha, Beyonce sudah menelurkan pakaian maupun parfum yang didesainnya sendiri.

Okelah cukup sekilas tentang Beyonce. Kali ini mengulas tentang lagu Listen yang muncul sebagai original music score untuk film Dreamgirls. Seara keseluruhan, lagu ini bertutur tentang kehendak positif dan kemauan keras dari seorang gadis yang berjuang meraih cita-citanya. Dan ingin agar orang lain sadar dan 'ngeh' akan perjuangan hidupnya ini.

Sebenarnya simpel. Namun, karakter Beyonce mampu melebur secara tepat dan pas sesuai porsinya dalam lagu ini. ia tidak berlebihan, pun juga tidak kurang improvisasi. Harmonisasi suara yang dipadukan dengan paduan suara terdengar syahdu. Terlebih, melodi lagu yang langsung kena ketika diperdengarkan pertama kali membuat lagu ini turut dinominasikan sebagai lagu terbaik dalam Oscar 2007 mendatang bersaing dengan lagu yang juga dinyanyikan Jennifer Hudson dalam film ini.

Buat Beyonce, walau tidak masuk nominasi, namun kerja keras, totalitas dan kesungguhannya masuk dunia film dan musik sekaligus pasti membuatnya dalam beberapa tahun mendatang bisa meraih penghargaan Oscar. Hm, toh Grammy juga sudah di tangan? Apalagi yang kurang dari dirinya?

Tidak ada komentar: