Minggu, 22 Juni 2008

Aku Tetap Milikmu



Tulisan ini sebenarnya bukan tentang album penyanyi yang sudah mapan melenggang di ranah musik dewasa ini. Namun, ini tentang seorang idola baru Indonesia yang muncul karena berawal dari sebuah kontes bakat terbesar di tanah air, Indonesian Idol. Dan siapakah yang terpilih tahun ini? Rini Wulandari!

Gadis berusia 17 tahun yang berasal dari Medan ini memang memiliki segudang talenta. Bukan hanya musikalitas yang tinggi, melainkan juga modal range suara yang lebar dan penghayatan yang impresif, ia muncul begitu mengesankan. Yup, termasuk saya.

Jujur, pada awalnya saya begitu kecewa dengan kualitas Indonesian Idol 2007 pasca audisi kemarin. Namun, menyaksikan Rini pentas, sungguh membuat terhenyak. Pertama kali saya menyaksikan performanya, ia menyanyikan Because You Love Me dengan cukup menggetarkan. Lanjut kemudian ia melantunkan Jera, I Love You yang so memorable banget, Matahari yang mengalun indah, hingga Conga yang memiliki titian nada sangat rapat dan rancak.

Namun, dari semuanya, lagu Cinta Jangan Kau Pergi berhasil membuat saya sekali lagi tersentuh oleh kemampuan olah vokalnya yang menawan. Lanjut, Seperti Yang Kau Minta membuat saya ternganga. Dan, sekali lagi lagu Cinta juga membuat terperangah. Gila, nada yang ia capai membikin saya kaget. Dan, Emotion juga tidak kalah mengesankan.

Sayang sekali, penampilan Grand Final yang seharusnya menjadi titik kulminasi kekaguman saya pada Idol baru ini melebur begitu saja. Performanya kurang maksimal, entah karena kecapekan atau hal lainnya. Cuma, lagu Warna yang sedikit menghibur. Hanya, Lagu kemenangan yang seharusnya heboh seperti kehilangan greget. Jauh sekali jika hendak dibandingkan dengan This Is My Now-nya Jordin Sparks yang menggelegar. Toh, bagaimanapun ini barulah babak awal. Kapabilitas Rini sebagai seorang penyanyi sejati masih harus diuji dengan kemunculan dia di tengah pasar musik tanah air. Dengan kompetisi yang ketat dengan penyanyi lain, saya harap ia terus memperbaiki performanya.


Di album perdananya, ia membawakan sepuluh buah lagu, di antaranya "Aku Tetap Milikmu" yang menjadi lagu kemenangannya sebagai Indonesian Idol, "Aku Bukan Boneka" yang mengingatkan pada lagu terbaru Avril Lavigne bertajuk "Girlfriend", "Cinta Tlah Memilih" yang mengutamakan kekuatan suara dan range vokal yang lebar, serta "Jera" - aransemen ulang lagu milik Agnes Monica. Dari beberapa lagu unggulan ini, Cinta Tlah Memilih masuk daftar sebagai most powerful song ... Rini membawakannya dengan sepenuh hati dibalut sentuhan melodi yang dinamis dan iringan backing yang membahana. Lengkingan vokal Rini yang mantap terdengar syahdu. Sejauh ini, lagu ini jadi favorit saya yang dinyanyikan oleh Idol.. Rini so ROCK!!! Gak sabar lihat performa live-nya menyanyikan lagu ini...


1 komentar:

atika mengatakan...

Cinta tlah memilih...lagu yang aku sendiri jarang mendengarnya di radio..tapi seseorang telah mengenalkannya padaku..ternyata kata-katanya...hmm apa ya namanya sulit diungkapkan dengan kata-kata. sepertinya sarat dengan banyak makna. dan terang aja pertama kali membaca teksnya...oh ya ternyata ini toh yang membuat seseorang itu terkagum-kagum. entah dengan penyanyi atau pengarangnya. tapi yang jelas kesukaanku pada lagu ini karena kontribusi seseorang itu. Terima kasih....